Survei Keaktifan Belajar Peserta Didik Tunagrahita Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Gunungkidul

Fatkhurrokhim, Mukhammad Miftakhulhuda (2022) Survei Keaktifan Belajar Peserta Didik Tunagrahita Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mukhammad miftakhulhuda fatkhurrokhim_15601241087.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan singkat dari penelitian ini adalah bagaimana tingkat keaktifan peserta didik tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N I Gunungkidul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keaktifan peserta didik tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N I Gunungkidul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan atau cheklist. Populasi yang digunakan adalah peserta didik SLB N 1 Gunungkidul. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SLB N 1 Gunungkidul pada jenjang SMA yang berjumlah 15 orang peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengujian penelitian ini menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas serta teknik analisa data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif melalui perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat keaktifan peserta didik tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N 1 Gunungkidul dapat dikatakan memiliki keaktifan Sering aktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Sering aktif memiliki persentase sebesar 73.3 %, disusul Kadang aktif sebesar 20 % dan tidak pernah aktif sebesar 6.7 %.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pendidikan jasmani adaptif, peserta didik tunagrahita
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:23
Last Modified: 15 Feb 2022 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72330

Actions (login required)

View Item View Item