PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF EMAZE UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH

Rusmianto, Muchlis Pratama (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF EMAZE UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muchlis P.R..pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media Emaze untuk pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Dick and Cary (1996) yaitu ADDIE (Analysis, Design, Develophment, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 9 siswa kelas V SDN Kalimenur. Data diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,2 termasuk dalam kategori layak. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,08 termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4,42 termasuk kategori sangat layak. Hasil dari uji coba perorangan mendapat skor rata- rata 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil dari uji coba lapangan kecil mendapat skor rata-rata 4,93 yang termasuk dalam kateori sangat layak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media emaze untuk pembelajaran IPS kelas V SD materi perjuangan melawan penjajah dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran IPS. Kata kunci: IPS, media, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:16
Last Modified: 15 Feb 2022 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72328

Actions (login required)

View Item View Item