Rusmianto, Muchlis Pratama (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF EMAZE UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Muchlis P.R..pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media Emaze untuk pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Dick and Cary (1996) yaitu ADDIE (Analysis, Design, Develophment, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 9 siswa kelas V SDN Kalimenur. Data diperoleh dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,2 termasuk dalam kategori layak. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,08 termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4,42 termasuk kategori sangat layak. Hasil dari uji coba perorangan mendapat skor rata- rata 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil dari uji coba lapangan kecil mendapat skor rata-rata 4,93 yang termasuk dalam kateori sangat layak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media emaze untuk pembelajaran IPS kelas V SD materi perjuangan melawan penjajah dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran IPS. Kata kunci: IPS, media, pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 07:16 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 07:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72328 |
Actions (login required)
View Item |