PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI MASA PENJAJAHAN BANGSA BARAT DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SD N KALIMENUR

Hermawan, Hanif (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI MASA PENJAJAHAN BANGSA BARAT DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SD N KALIMENUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hanif Hermawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa aplikasi yang berbasis android yang layak dari aspek materi dan media digunakan pada materi penjajahan bangsa barat di Indonesia untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (RnD) berdasarkan prosedur yang dikembangan oleh Borg & Gall dengan lima langkah, yaitu penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi produk. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran aplikasi berbasis android layak dan dapat digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata skor 3,91 dan dikategorikan layak. Hasil validasi terakhir media memperoleh skor rata-rata 4,81 dan dikategorikan layak. Hasil uji coba lapangan awal pada siswa memperoleh skor rata-rata 4,57 dan hasil uji coba pada guru memperoleh skor rata-rata 4,7 dan dikategorikan layak. Kata kunci: media pembelajaran, aplikasi, android.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:05
Last Modified: 15 Feb 2022 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72326

Actions (login required)

View Item View Item