PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI ROGODADI

Rahmawati, Mei Dina (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI ROGODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mei Dina Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan metode guided writing pada siswa kelas II SD Negeri Rogodadi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Rogodadi yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keberhasilan dari penelitian ini adalah rata-rata nilai hasil observasi mencapai ≥80 dan persentase siswa yang mencapai target ≥75% dengan target keberhasilan yang ditentukan adalah 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis tegak bersambung kelas II SD Negeri Rogodadi dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode guided writing. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 67,5% meningkat menjadi 83,75% pada siklus II. Hasil tes unjuk kerja juga mengalami peningkatan pada saat pratindakan sebanyak 2 siswa yang berhasil dan 13 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 59,93 dan persentase keberhasilan 13,33%. Pada siklus I sebanyak 8 siswa yang berhasil dan 7 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 72,73 dan persentase keberhasilan 53,33%. Pada siklus II sebanyak 12 siswa yang berhasil dan 3 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 78,87 dan persentase ketuntasan 80%. Kata kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, guided writing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:10
Last Modified: 15 Feb 2022 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72321

Actions (login required)

View Item View Item