Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Peserta Didik Kelas Atas dalam Menghadapi Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi di SD Negeri 3 Ngerangan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten

Hakim, Anang Abie (2022) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Peserta Didik Kelas Atas dalam Menghadapi Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi di SD Negeri 3 Ngerangan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anang abie hakim_18604221025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik kelas atas dalam menghadapi pembelajaran luring pada masa pandemi di SD Negeri 3 Ngerangan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas atas di SD Negeri 3 Ngerangan yang berjumlah 61 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen kuisioner yang terdiri dari atas 40 pernyataan yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk histogram, yang terbagi dalam 5 kategori yaitu kategori sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, sangat tidak baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dijelaskan bahwa secara keseluruhan PHBS pada peserta didik kelas atas dalam menghadapi pembelajaran luring pada masa pandemi di SD Negeri 3 Ngerangan, diperoleh data terdapat 7 siswa (11,48%) dalam kategori sangat baik, 17 siswa (27,87%) dalam kategori baik, 19 siswa (31,14%) dalam kategori cukup baik, 13 siswa (21,31%) dalam kategori tidak baik, 5 siswa (8,20%) dalam kategori sangat tidak baik. Frekuensi terbanyak pada kategori cukup baik, sehingga dapat disimpulkan PHBS pada peserta didik kelas atas mengenai PHBS dalam menghadapi pembelajaran luring pada masa pandemi di SD Negeri 3 Ngerangan berkategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: perilaku, PHBS, masa pandemi, pembelajaran luring
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:51
Last Modified: 15 Feb 2022 04:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72317

Actions (login required)

View Item View Item