Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Power Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Kretek

Hidayat, Dian Ananda (2022) Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Power Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 1 Kretek. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dian ananda hidayat_18601241046.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek. (2) Hubungan antara power tungkai terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek. (3) Hubungan antara kekuatan otot lengan dan power tungkai terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kriteria: (1) masih aktif mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek, (2) berjenis kelamin perempuan, dan (3) bersedia menjadi sampel dan mematuhi protokol kesehatan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 20 atlet. Instrumen kekuatan otot lengan yaitu tes gantung siku tekuk, power tungkai yaitu tes vertical jump, dan kemampuan smash menggunakan tes smash. Teknik analisis data menggunakan analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek, dengan nilai nilai r hitung 0,793. (2) Ada hubungan yang signifikan antara power tungkai terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek, dengan nilai r hitung 0,791. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan power tungkai terhadap kemampuan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Kretek, dengan nilai F hitung 24,463.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, power tungkai, kemampuan smash
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:29
Last Modified: 15 Feb 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72315

Actions (login required)

View Item View Item