Hubungan Tingkat Keseimbangan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Shooting Pada Siswa Program Pembinaan Usia Dini “Magetan Basketball Development” Kab. Magetan Jawa Timur

Mahendra, Muh. Yusril (2022) Hubungan Tingkat Keseimbangan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Shooting Pada Siswa Program Pembinaan Usia Dini “Magetan Basketball Development” Kab. Magetan Jawa Timur. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muh. yusril mahendra_18601241060.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara tingkat keseimbangan terhadap hasil shooting; (2) hubungan daya ledak otot tungkai terhadap hasil shooting; (3) hubungan antara tingkat keseimbangan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil shooting siswa program pembinaan usia dini “Magetan Basketball Development” di Kab. Magetan Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Metode yang digunakan adalah survei korelasional dengan analisis regresi linier dua prediktor. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa program pembinaan usia dini “Magetan Basketball Development” kelompok umur 13-15 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dan regresi ganda (Uji F). Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan terhadap hasil shooting siswa program pembinaan usia dini “Magetan Basketball Development”, sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi sebesar 0,650 artinya hubungan kedua variabel tersebut kuat dan memiliki arah korelasi positif; (2) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai terhadap hasil shooting , sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi (perason correlation) sebesar 0,635 artinya hubungan kedua variabel tersebut kuat dan memiliki arah korelasi positif; (3) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dan daya ledak otot tungkaai terhadap hasil shooting sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F-Hitung 20,025 > F-Tabel 4,20. Dapat disimpulkan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada hubungan antara variabel tingkat keseimbangan dan daya ledak otot tungkai dengan hasil shooting secara simultan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Tri Ani Hastuti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keseimbangan, daya ledak otot tungkai, hasil shooting
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:48
Last Modified: 15 Feb 2022 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72312

Actions (login required)

View Item View Item