STRATEGI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS I SD NEGERI 6 BENDUNGAN KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Pertiwie, Anggun Putry (2022) STRATEGI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS I SD NEGERI 6 BENDUNGAN KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ANGGUN PUTRY PERTIWIE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin selama pembelajaran daring pada siswa kelas I SD Negeri 6 Bendungan Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta Aspek yang diteliti yaitu strategi guru dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin selama pembelajaran daring pada siswa kelas I SD Negeri 6 Bendungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas I dan kepala sekolah SD negeri 6 Bendungan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan strategi pendidikan karakter disiplin selama pembelajaran daring pada siswa kelas I SD Negeri 6 Bendungan. Strategi yang dilakukan yaitu dengan: 1) Cara demokratis, cara demokratis yang dilakukan guru yaitu dengan mensosialisasikan tata tertib kepada orang tau siswa, membentuk organisasi kelas dan mengingatkan siswa untuk mentaati tata tertib. 2) Cara otoriter yang digunakan guru yaitu dengan mengaharuskan siswa untuk mentaati tata tertib yang berlaku. Guru tidak memberlakukan sanksi tetapi mengingatkan dan memberikan nasihat kepada siswa agar bisa berusaha sebaik mungkin dalam mentaati tata tertib. 3) Guru tidak menggunakan cara permisif dalam melaksanakan pendidikan karakter disiplin. 4) Guru memberi teladan sikap disiplin kepada siswa. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala yaitu kondisi ekonomi dan keharmonisan keluarga. Kata kunci: Strategi pendidikan disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:43
Last Modified: 14 Feb 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72293

Actions (login required)

View Item View Item