Perbedaan Kemampuan Daya Tahan Aerobik dan Daya Tahan Anaerobik Pemain Belakang, Pemain Tengah, dan Pemain Depan Sepakbola PS Subur Jaya Blora

Jatmikanto, Riski Septa (2022) Perbedaan Kemampuan Daya Tahan Aerobik dan Daya Tahan Anaerobik Pemain Belakang, Pemain Tengah, dan Pemain Depan Sepakbola PS Subur Jaya Blora. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_riski septa jatmikanto_18602241022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi dan mendapatkan gambaran tentang kondisi kemampuan daya tahan aerobik dan daya tahan anaerobik sepakbola PS Subur Jaya Blora serta perbedaan pada setiap posisi, dengan dilakukan pengukuran daya tahan aerobik dan pengukuran daya tahan anaerobik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan tes dan pengukuran. Penelitian dilakukan di Lapangan Kridosono yang beralamat di Blora. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang pemain PS Subur Jaya Blora yang terdiri dari 10 pemain belakang, 10 pemain tengah,dan 10 pemain depan. Tes yang digunakan adalah tes daya tahan aerobik dan daya tahan anaerobik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya tahan aerobik adalah Multistage Fitnes Test (MFT) dengan tingkat validitas 0,915 dan reliabilitas 0,868. Instrumen yang digunakan untuk mengukura daya tahan anaerobik adalah Running-bassed Anaerobik Sprint Test (RAST) dengan validitas 0,897 dan reliabilitas 0,919. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan uji One-Way Anova. Hasil dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan daya tahan aerobik dan daya tahan anaerobik antara pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan sepakbola PS Subur Jaya Blora. Pemain tengah memiliki rata-rata kemampuan daya tahan aerobik paling tinggi dengan rata-rata 47,68 dibanding pemain belakang dengan rata-rata 43,8 dan pemain depan dengan rata-rata 47,1. Sedangkan untuk kemampuan daya tahan anaerobik pemain tengah juga memiliki rata-rata yang paling tinggi dengan hasil 5,07 dibanding dengan pemain belakang dengan hasil 8,24 dan pemain depan dengan hasil 8,73.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Herwin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sepakbola, daya tahan aerobik, daya tahan anaerobik, posisi pemain
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:57
Last Modified: 11 Feb 2022 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72262

Actions (login required)

View Item View Item