Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet, Motivasi Berprestasi, Pengetahuan Pengolahan dan Penyajian Makanan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.

Siagian, Silvia Carmanita and Nugraheni, Mutiara (2020) Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet, Motivasi Berprestasi, Pengetahuan Pengolahan dan Penyajian Makanan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-silvia carmanita siagian-17723251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, (2) besarnya pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, (3) besarnya pengaruh pengetahuan pengolahan dan penyajian makanan terhadap hasil belajar siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan,, (4) besarnya pengaruh intensitas penggunaan internet, motivasi berprestasi, pengetahuan pengolahan dan penyajian makanan terhadap hasil belajar siswa di SMK N 6 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan,. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa SMK kelas XI program keahlian tata boga pada tahun pelajaran 2019-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, tes pilihan ganda, nilai rapor siswa pada kelas XI dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan uji T dan uji F, keputusan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yang penggujiannya menggunakan aplikasi SPSS Versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas pengunaan internet terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi 48,38%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi 5,97 %; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengetahuan pengolahan dan penyajian makanan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi 33,85%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas penggunaan, motivasi berprestasi, pengetahuan pengolahan dan penyajian makanan terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,3%. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel intensitas penggunaan internet, motivasi berprestasi, pengetahuan pengolahan dan penyajian makanan sebesar 88,20%, sedangkan 11,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, intensitas, motivasi berprestasi, pengetahuan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:49
Last Modified: 11 Feb 2022 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72260

Actions (login required)

View Item View Item