Pengaruh Pengetahuan Kerja, Dukungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi Bekerja terhadap Aspirasi Karir Siswa SMK Jurusan Boga di Kabupaten Sleman.

Widyawati, Evajune and Komariah, Kokom (2020) Pengaruh Pengetahuan Kerja, Dukungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi Bekerja terhadap Aspirasi Karir Siswa SMK Jurusan Boga di Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-evajune widiyawati-18723251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengetahuan kerja terhadap aspirasi karir siswa SMK Jurusan Boga di Kabupaten Sleman; (2) pengaruh dukungan lingkungan keluarga terhadap aspirasi karir siswa SMK Jurusan Boga di Kabupaten Sleman; (3) pengaruh motivasi bekerja terhadap aspirasi karir siswa SMK Jurusan Boga di Kabupaten Sleman; (4) pengaruh pengetahuan kerja, dukungan lingkungan keluarga dan motivasi bekerja terhadap aspirasi karir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian Tata Boga sejumlah 338 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebanyak 172 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas isi dengan dosen ahli dan validitas konstruk dengan analisis Product Moment serta reliabilitas dengan Split Half. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, keputusan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% yang pengujiannya menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat pengaruh pengetahuan kerja terhadap aspirasi karir siswa dengan kontribusi sebesar 4,7%; (2) terdapat pengaruh dukungan lingkungan keluarga terhadap aspirasi karir siswa dengan kontribusi sebesar 7,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi bekerja terhadap aspirasi karir siswa dengan kontribusi sebesar 34,5%; (4) terdapat pengaruh pengetahuan kerja, dukungan lingkungan keluarga dan motivasi bekerja terhadap aspirasi karir siswa dengan kontribusi sebesar 47%, sedangkan sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: spirasi karir, pengetahuan kerja, dukungan lingkungan keluarga, motivasi bekerja.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:52
Last Modified: 11 Feb 2022 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72255

Actions (login required)

View Item View Item