Pengembangan Electronic Module IPA Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP.

Suryaningtyas, Avisia and Suyanta, Suyanta (2020) Pengembangan Electronic Module IPA Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-avisia suryaningtyas-17708251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kelayakan dan keefektifan electronic module IPA berbasis guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian adalah 32 peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan electronic modul IPA berbasis guided discovery learning sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan menggunakan buku Siswa IPA yang biasa digunakan oleh guru. Pengumpulan data menggunakan soal uraian untuk menilai kemampuan problem solving dan berpikir kritis, dan angket untuk mengetahui kelayakan produk. Keefektifan electronic module IPA berbasis guided discovery learning dianalisis berdasarkan gain score. Signifikansi multivariate dianalisis dengan MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) electronic module IPA berbasis guided discovery learning yang dikembangkan berkualitas sangat baik dan layak untuk digunakan, (2) electronic module IPA berbasis guided discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: electronic module IPA, guided discovery learning, kemampuan berpikir kritis, problem solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:59
Last Modified: 10 Feb 2022 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72238

Actions (login required)

View Item View Item