Pengaruh Parenting, Self Efficacy, Minat Berwirausaha terhadap Motivasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Siswa SMK Kelas XII Jasa Boga di Magelang.

Antonia, Naning Yulianti and Lastariwati, Badraningsih (2020) Pengaruh Parenting, Self Efficacy, Minat Berwirausaha terhadap Motivasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Siswa SMK Kelas XII Jasa Boga di Magelang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-naning yulianti antonia-18723251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) parenting terhadap motivasi belajar, (2) self efficacy terhadap motivasi belajar, (3) minat berwirausaha terhadap motivasi belajar, dan (4) parenting, self efficacy dan minat berwirausaha secara simultan terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa SMK kelas XII Jasa Boga di Magelang. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Jasa Boga di Magelang berjumlah 201 siswa. Sampelnya sejumlah 127 siswa yang ditetapkan menggunakan Teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin pada α = 0,05. Validitas instrumen diukur berdasarkan content validity dan construct validity. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis diskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh parenting terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan signifikan, maknanya bahwa parenting mampu menjadi prediktor terhadap motiasi belajar kewirausahaan dan produk kreatif dengan sumbangan efektif sebesar 5,15%; (2) pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan signifikan, maknanya bahwa self efficacy mampu menjadi prediktor terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan dengan sumbangan efektif sebesar 3,63%; (3) pengaruh minat berwirausaha terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan sinifikan, maknanya bahwa minat berwirausaha mampu menjadi prediktor terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan dengan sumbangan efektif sebesar 32,80%; (4) pengaruh parenting, self efficacy, dan minat berwirausaha terhadap motivasi belajar signifikan, maknanya bahwa parenting, self efficacy, minat berwirausaha terhadap motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan dengan sumbangan efektif sebesar 41,58%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,416 (41,6%) yang bermakna bahwa 41,6% motivasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XII Jasa Boga dipengaruhi oleh parenting, self efficacy dan minat berwirausaha, sedangkan sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, motivasi belajar, parenting, self efficacy
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:33
Last Modified: 11 Feb 2022 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72237

Actions (login required)

View Item View Item