Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E Berbasis NGSS dengan Memanfaatkan Potensi Lokal PPLH Puntondo untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Data dan Pemecahan Masalah Peserta Didik.

Rahmita, Rahmita and Rosana, Dadan (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E Berbasis NGSS dengan Memanfaatkan Potensi Lokal PPLH Puntondo untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Data dan Pemecahan Masalah Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rahmita-18708251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA model 5E berbasis NGSS dengan memanfaatkan potensi lokal PPLH Puntondo yang layak untuk meningkatkan kemampuan literasi data dan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA model 5E berbasis NGSS tersebut untuk meningkatkan kemampuan literasi data dan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan 4-D method yang terdiri atas define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, LKPD, bahan ajar handout, dan instrumen evaluasi. Uji coba terbatas menggunakan subjek 180 peserta didik sedangkan uji lapangan sebanyak 64 peserta didik yang terbagi atas kelas eksperimen kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara pendidik, lembar observasi awal dan keterlaksanaan pembelajaran, lembar validasi instrumen, lembar penilaian perangkat pembelajaran IPA, instrumen evaluasi, angket awal peserta didik, angket keterbacaan, angket respon peserta didik yang dinyatakan valid dan reliabel. Data kelayakan produk yang dikembangkan dianalisis dengan menggunakan deskriptif konversi skala lima dan data keefektifan produk dianalisis dengan gain score dan uji MANOVA dengan taraf sig. 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk perangkat pembelajaran IPA model 5E berbasis NGSS dengan memanfaatkan potensi lokal PPLH Puntondo yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dari segi materi dan kualitas perangkat oleh dosen ahli dan kepraktisan pengguna oleh pendidik, peer reviewers, dan peserta didik dengan rincian produk silabus, RPP, LKPD, bahan ajar handout, dan instrumen validasi dengan kategori sangat layak, dan (2) produk yang dikembangkan dalam pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi data dan pemecahan masalah peserta didik dengan sig. 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model 5E, NGSS, potensi lokal, literasi data, pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:53
Last Modified: 10 Feb 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72235

Actions (login required)

View Item View Item