Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Science, Environment, Technology, and Society untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Healthy Literacy.

Kurniawati, Hanif Alifah and Suyanta, Suyanta (2020) Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Science, Environment, Technology, and Society untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Healthy Literacy. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hanif alifah kurniawati-17708251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik IPA berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan healthy literacy peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Tahap define dilakukan dengan melakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, serta menentukan tujuan pembelajaran yang dicapai. Tahap design dilakukan pemilihan media serta format yang digunakan. Pada tahap develop dilakukan validasi terhadap modul yang dikembangkan oleh ahli media dan materi, uji terbatas untuk mendapat masukan dari peserta didik dan guru, dan uji secara luas untuk mengetahui efektivitas modul dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan healthy literacy peserta didik. Subjek uji coba terbatas dan uji luas adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Gamping. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran produk dengan memperhatikan langkah-langkah seperti dalam buku panduan. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data keterampilan berpikir kreatif adalah soal uraian, sedangkan healthy literacy menggunakan lembar pengamatan. Keefektifan modul tersebut dianalisis berdasarkan gain score, sedangkan signifikansi multivariate dianalisis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektonik IPA berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) yang dikembangkan layak digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan healthy literacy.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: healthy literacy, berpikir kreatif, modul elektronik IPA, SETS.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:00
Last Modified: 10 Feb 2022 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72233

Actions (login required)

View Item View Item