Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pengambilan Keputusan pada Peserta Didik SMP.

Hasanah, Uswatun and Aznam, Nurfina (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pengambilan Keputusan pada Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-uswatun hasanah-16708251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kategori kelayakan, dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Temon. Penelitian ini adalah research and development dengan model Borg dan Gall dengan modifikasi delapan langkah pengembangan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji lapangan, revisi produk dan diseminasi secara terbatas. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi produk RPP dan LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, dan tes keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan. Kelayakan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan rata-rata gain score ternormalisasi serta uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan (1) layak dipergunakan menurut dosen ahli dan guru IPA, dan (2) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan peserta didik dengan nilai gain score kelas eksperimen masing-masing dengan 0,73 dan 0,67 pada kategori sedang dan di kelas kontrol masing-masing 0,24 dan 0,25 pada kategori rendah. Keefektifan juga dibuktikan menggunakan uji Manova dengan hasil signifikansi 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05), artinya ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan sebagai dampak terlatihnya berpikir peserta didik selama mengikuti pembelajaran IPA berbasis KBSB.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, KBSB, pembelajaran IPA, pengambilan keputusan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:13
Last Modified: 10 Feb 2022 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72231

Actions (login required)

View Item View Item