Pengembangan Subject-spesific Pedagogy IPA Model Discovery Learning Berbasis Indigenous Knowledge Kecapi untuk Menigkatkan Literasi Sains Peserta didik.

Ariska, Indry and Rosana, Dadan (2020) Pengembangan Subject-spesific Pedagogy IPA Model Discovery Learning Berbasis Indigenous Knowledge Kecapi untuk Menigkatkan Literasi Sains Peserta didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-indry ariska-18708251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) menghasilkan Subject-Spesific Pedagogy (SSP) IPA model discovery learning berbasis indigenous knowledge Kecapi pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang layak digunakan dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik; dan 2) mengetahui keefektifan SSP IPA yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan literasi sains pada domain kompetensi dan sikap peserta didik SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini merupakan research and development dengan model 4-D (define, design, develop, and disseminate). Subjek uji coba ialah peserta didik kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Bua Ponrang dan kelas IX SMP Negeri 2 Bua Ponrang Luwu Sulawesi Selatan tahun ajaran 2019/2020. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. SSP IPA yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, LKPD, handout, sedangkan instrumen yang dikembangkan ialah instrumen validasi produk (silabus, RPP, LKPD, handout, soal domain kompetensi literasi sains, angket domain sikap literasi sains, dan lembar observasi domain sikap literasi sains), instrumen lembar kepraktisan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen penilaian literasi sains (soal domain kompetensi, angket domain sikap dan lembar observasi domain sikap). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk ialah skala baku dengan hasil yang diperoleh pada semua produk yang dikembangkan dalam kategori sangat baik sementara untuk uji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SSP IPA yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA berdasarkan penilaian dari dosen validator dan pendidik IPA dengan kategori sangat baik dan tes literasi sains domain kompetensi dan angket serta lembar observasi sikap literasi dinyatakan valid dan reliabel. (2) SSP) IPA yang dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains baik pada domain kompetensi maupun sikap perserta didik SMP pada materi getaran, gelombang dan bunyi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: indigenous knowledge kecapi, literasi sains, model discovery learning, SSP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:52
Last Modified: 10 Feb 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72229

Actions (login required)

View Item View Item