Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Kearifan Lokal Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual Peserta Didik SMP.

Asmar, Andi and Suryadarma, IGP (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Kearifan Lokal Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-andi asmar-17708251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu model nested berbasis kearifan lokal perahu phinisi yang valid untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPA, fokus materi klasifikasi makhluk hidup, (2) menentukan tingkat kepraktisan pembelajaran IPA terpadu model nested berbasis kearifan lokal perahu phinisi bagi guru dan peserta didik (3) menentukan keefektifan pembelajaran IPA terpadu model nested berbasis kearifan lokal perahu phinisi dalam memfasilitasi dan menggiring peningkatan kemampuan komunikasi dan pengetahuan konseptual peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan kategori penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi kerangka pengembangan Dick and Carey. Kerangka acuan pengembangan, meliputi: (1) indentifikasi tujuan pembel- ajaran(s), (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan material pembelajaran, (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) merevi bahan pembelajaran, dan (10) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif. Penelitian ini diaplikasikan pada 73 peserta didik kelas VII SMPN 32 Bulukumba yang berfungsi sebagai subjek penelitian. Subjek Penelitian dibagi menjadi 2 kelompok: subjek uji coba terbatas dan subjek uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 15 peserta didik Kelas VII-1. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 58 peserta didik dengan perincian 29 peserta didik Kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berasal dari instrumen penilaian kemampuan komunikasi, pengetahuan konseptual, dan keterampilan merangkai peta konsep, dan respon pendidik serta peserta didik melalui penyajian angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskriptif kuantitif dan kualitatif, uji N-Gain, dan uji MANOVA. Hasil penelitan ini berupa: (1) perangkat pembelajaran IPA terpadu model nested berbasis kearifan lokal perahu phinisi dinyatakan valid melalui penilaian teoritik oleh ahli dan hasil uji empiric, (2) pembelajaran IPA terpadu model nested memiliki nilai praktis diimplenetasikan dalam pembelajaran melalui penilaian guru dan peserta didik. (3) Pembelajaran IPA terpadu model nested efektif dalam memfasilitasi dan menggiring peningkatan kemampuan komunikasi dan pengetahuan konseptual peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi, pengetahuan konseptual, model nested, perahu Phinisi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:38
Last Modified: 10 Feb 2022 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72228

Actions (login required)

View Item View Item