Pengembangan Komik Android IPA Berbasis Potensi Lokal Embung Tambakboyo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Verbal.

Fauziah, Agustina Nur and Kuswanto, Heru (2020) Pengembangan Komik Android IPA Berbasis Potensi Lokal Embung Tambakboyo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Verbal. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-agustina nur fauziah-18708251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran komik Android IPA berbasis potensi lokal Embung Tambakboyo yang layak digunakan, dan (2) mengungkapkan keefektifan media pembelajaran yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan representasi verbal peserta didik SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Depok, Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba terbatas, dan 68 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Depok, Sleman Tahun Ajaran 2019/2020 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen non-tes dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar penilaian produk, angket keterbacaan, angket respon, dan tes kemampuan berpikir kritis dan representasi verbal pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, analisis n-gain, uji One way MANOVA, dan analisis effect size. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran komik yang dihasilkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan representasi verbal pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan memperoleh respon yang baik dari peserta didik. (2) Media pembelajaran komik yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan representasi verbal peserta didik SMP pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan nilai Cohen’s f masing-masing sebesar 0,27 dan 0,59 yang dikategorikan ke dalam strong effect size dan very strong effect size.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Komik Android IPA, Potensi Lokal (Embung Tambakboyo), Representasi Verbal
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:45
Last Modified: 10 Feb 2022 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72227

Actions (login required)

View Item View Item