Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Creative Thinking, Collaboration Skill dan Sikap Siaga Bencana Pada Peserta Didik.

Latupeirisa, Veronica Purnama Sari and Atun, Sri (2020) Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Gempa Bumi Untuk Meningkatkan Creative Thinking, Collaboration Skill dan Sikap Siaga Bencana Pada Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-veronica purnama sari latupeirisa-18708251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat peraga KIT IPA gempa bumi, menguji kualitas KIT IPA gempa bumi dan menguji keefektifan alat peraga KIT IPA gempa bumi untuk meningkatkan creative thinking, collaboration skill dan sikap siaga bencana pada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan mengadaptasi model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penentuan subjek untuk uji coba lapangan yaitu menggunakan teknik stratified random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-A dan VII-C. Uji coba lapangan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Depok. Pengembangan alat peraga KIT IPA gempa bumi dirancang berdasarkan masalah yang ditemukan melalui wawancara dan observasi di sekolah. Penilaian alat peraga KIT IPA gempa bumi menggunakan lembar validasi produk dan angket uji coba terbatas serta angket respon produk yang dikembangkan. Kelayakan KIT IPA Gempa bumi dianalisis secara kuantitatif berdasa rkan penilaian dari ahli media dan ahli materi sedangkan keefektifan KIT IPA gempa bumi dalam meningkatkan variabel yang digunakan dianalisis dengan uji manova. Pengukuran data untuk variabel creative thinking menggunakan tes essay, collaboration skill menggunakan lembar observasi, serta pengukuran Sikap siaga bencana menggunakan Angket. Jenis analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian berdasarkan nilai pretest dan posttest yaitu dengan uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji korelasi, effect size, dan uji Manova dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian pengembangan alat peraga KIT IPA Gempa bumi yaitu berdasarkan tingkat kelayakan di peroleh skor 92,86% menurut ahli materi, 88% menurut ahli media, masuk dalam ketegori sangat layak. Analisis keefektifan alat peraga KIT IPA gempa bumi diperoleh nilai Keefektifan produk alat peraga KIT IPA gempa bumi diperoleh melalui hasil effect size masing-masing variabel yaitu Creative thinking yaitu 0,968 masuk dalam kategori sangat kuat, sikap siaga bencana yaitu 0,008 masuk dalam kategori sangat rendah dan Collaboration skill yaitu 0,62 masuk dalam kategori kuat. Para guru dapat menggunakan alat peraga ini untuk memfasilitasi penyampaian materi pada topik gempa bumi di SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KIT IPA Gempa bumi, creative thinking, collaboration skill, sikap siaga bencana
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:10
Last Modified: 10 Feb 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72226

Actions (login required)

View Item View Item