Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Tanah Longsor untuk Meningkatkan Communication Skill, Collaboration Skill, dan Sikap Siaga Bencana Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Prambanan.

Arding, Nur Ismiyanti and Atun, Sri (2020) Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Tanah Longsor untuk Meningkatkan Communication Skill, Collaboration Skill, dan Sikap Siaga Bencana Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Prambanan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nur ismiyanti arding-18708251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan (valid dan praktis) alat peraga KIT IPA tanah longsor yang dikembangkan untuk meningkatkan communication skill, collaboration skill dan sikap siaga bencana; 2) mengetahui keefektifan alat peraga KIT IPA tanah longsor untuk meningkatkan communication skill, collaboration skill, dan sikap siaga bencana peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Research and Developmt (R&D) dengan mengikut pada model pengembangan Thiagarajan (model 4D). subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VII, dimana pada uji coba terbatas menggunakan 12 peserta didi dan uji coba lapangan menggunakan 45 peserta didik. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu 1) alat peraga KIT IPA tanah longsor dinilai layak dan praktis untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat baik, guru IPA dan peserta didik dengan kategori sangat praktis dan; 2) penggunaan alat peraga KIT IPA tanah longsor dapat meningkatkan communication skill, collaboratin skill, dan sikap siaga bencana peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, alat peraga KIT IPA Tanah Longsor, Communication Skill, Collaboratin Skill, Sikap Siaga Bencana
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:20
Last Modified: 10 Feb 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72225

Actions (login required)

View Item View Item