Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Bencana Erupsi Gunung Berapi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Penguasaan Konsep, dan Kesiapsiagaan dalam Mitigasi Bencana.

Tyas, Rizki Arumning and Suyanta, Suyanta (2020) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Bencana Erupsi Gunung Berapi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses, Penguasaan Konsep, dan Kesiapsiagaan dalam Mitigasi Bencana. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rizki arumning tyas-18708251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Bencana Erupsi Gunung Berapi terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan handout, serta (2) mengetahui keefektifan penggunaan SSP IPA tersebut untuk meningkatkan keterampilan proses, penguasaan konsep, dan kesiapsiagaan dalam mitigasi bencana. Keseluruhan produk difokuskan untuk pembelajaran IPA di SMP. Penelitian tipe ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Model yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahapan define atau pendefinisian, design atau perancangan, develop atau pengembangan, dan disseminate atau penyebarluasan. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) tes menggunakan soal penguasaan konsep serta soal kesiapsiagaan, dan (2) non tes menggunakan angket penilaian kelayakan produk, angket penilaian respon keterbacaan peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses, angket kesiapsiagaan, serta lembar observasi kesiapsiagaan. Analisis data dilakukan dengan: (1) analisis kelayakan dan validitas SSP IPA melalui validasi ahli dan praktisi pembelajaran yang dikategorikan menurut klasifikasi kategori penilaian produk, validasi empiris soal dan angket menggunakan program QUEST, uji keterbacaan produk, dan uji coba lapangan terbatas, serta (2) analisis hasil penelitian dengan analisis statistik deskriptif penghitungan gain score serta analisis statistik inferensial uji multivariat ANOVA (MANOVA) dengan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan SSP IPA berbasis discovery learning terintegrasi bencana erupsi gunung berapi yang telah dikembangkan, menurut penilaian ahli dan praktisi pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dan (2) penggunaan SSP IPA tersebut terbukti efektif meningkatkan keterampilan proses, penguasaan konsep, dan kesiapsiagaan peserta didik dalam mitigasi bencana. Pengembangan produk memperkaya SSP IPA berciri kebencanaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana implementasi disaster risk reduction in education. Peserta didik dapat dibekali dengan keterampilan dan kesiapsiagaan sejak duduk di bangku sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari baik bagi individu maupun bagi masyarakat di sekitarnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA, discovery learning, bencana erupsi gunung berapi, keterampilan proses, penguasaan konsep, kesiapsiagaan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:49
Last Modified: 10 Feb 2022 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72224

Actions (login required)

View Item View Item