Pengembangan Laboratorium Virtual "Science Webblog" Interaktif Berbasis Multimedia Multimode Science Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Peserta Didik.

Arti, Yuli and Ikhsan, Jaslin (2020) Pengembangan Laboratorium Virtual "Science Webblog" Interaktif Berbasis Multimedia Multimode Science Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yuli arti-18708251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran laboratorium virtual science weblog berbasis multimedia dalam multimode science blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada peserta didik SMP; serta mengetahui efektifitas media pembelajaran laboratorium virtual science weblog berbasis multimedia dalam multimode science blended learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada peserta didik SMP. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model Borg & Gall (1989). Subjek uji coba terbatas meliputi 9 peserta didik, uji coba terbatas dengan skala lebih luas meliputi 30 peserta didik, 3 guru, dan 6 teman sejawat, serta uji coba lapangan utama meliputi 59 peserta didik yang berasal dari SMP N 1 Banguntapan dan SMP N 2 Bantul. Masing-masing melibatkan 3 kelas sebagai kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan wawancara, lembar validasi produk, angket uji keterbacaan media, angket uji kepraktisan media, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta teknik tes menggunakan soal keterampilan berpikir kritis (pilihan ganda beralasan) dan soal penguasaan konsep. Kevalidan dan kelayakan media laboratorium virtual webblog dianalisis kuantitatif berdasarkan penilaian ahli. Butir instrumen keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep dianalisis melalui uji empiris serta divalidasi dan dinyatakan valid oleh ahli. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariat analysis of variance (MANOVA), uji N-Gain, dan uji effect size menggunakan uji partial eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual webblog berbasis multimedia dalam multimode blended learning layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi tekanan dengan penilaian sangat layak. Penerapan laboratorium virtual webblog berbasis multimedia dalam multimode blended learning efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik SMP ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05 pada setiap variabel serta nilai N-Gain yang menunjukkan kategori sedang untuk setiap variabel pada masing-masing kelas dan laboratorium virtual yang diterapkan dengan pendekatan multimode science blended learning efektif dalam kategori sedang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: virtual laboratiry, interactive webblog, multimedia multimode science blended learning, critical thinking skills, concept master levels.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:55
Last Modified: 10 Feb 2022 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72222

Actions (login required)

View Item View Item