Pengembangan Buku Ajar IPA Terintegrasi Potensi Lokal Bakpia untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMP.

Nisa, Wilda Muhimmatun and Wiludjeng, Insih (2020) Pengembangan Buku Ajar IPA Terintegrasi Potensi Lokal Bakpia untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-wilda muhimmatun nisa-18708251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku ajar IPA terintegrasi potensi lokal bakpia yang layak untuk meningkatkan berpikir kritis dan komunikasi siswa. (2) mengetahui keefektifan buku ajar IPA terintegrasi potensi lokal bakpia untuk meningkatkan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D ( four D model) yang meliputi define, design, develop, dan dessiminate. Pengambilan subjek uji coba menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel 60 siswa SMPN 12 Yogyakarta terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) angket lembar validasi yang digunakan untuk menilai validitas instrumen pengukur kelayakan produk dari ahli materi dan ahli media. (2) angket uji keterbacaan produk buku ajar IPA oleh tiga guru SMP dan 15 siswa SMP. (3) lembar observasi komunikasi untuk mengukur kemampuan komunikasi siswa. (4) soal tes pilihan ganda beralasan terbuka untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Uji lapangan menggunakan penelitian quasy eksperiment dengan pretest-postest control group design. Keefektifan produk buku ajar IPA terintegrasi potensi lokal bakpia diuji menggunakan uji Manova dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku ajar IPA terintegrasi potensi lokal bakpia telah layak digunakan untuk meningkatkan berpikir kritis dan komunikasi siswa. (2) keefektifan buku ajar IPA terintegrasi potensi lokal bakpia untuk meningkatkan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas VIIA SMPN 12 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai Partial Eta Squared sebesar 0,981.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, potensi lokal, berpikir kritis, komunikasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:28
Last Modified: 10 Feb 2022 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72217

Actions (login required)

View Item View Item