Pengembangan Web-Modul IPA Berbasis PBL Terintegrasi Potensi Lokal “Limbah Penyamakan Kulit” untuk Meningkatkan Sikap Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 1 Wungu pada Materi Pencemaran.

Miswami, Atznain Iqma and Nurcahyo, Heru (2020) Pengembangan Web-Modul IPA Berbasis PBL Terintegrasi Potensi Lokal “Limbah Penyamakan Kulit” untuk Meningkatkan Sikap Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 1 Wungu pada Materi Pencemaran. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-atznain iqma miswami-17708251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Web-Modul IPA yang layak menurut dosen ahli; (2) menghasilkan Web-Modul IPA yang praktis menurut praktisi dan pengguna; dan (3) mengetahui efektivitas Web-Modul IPA untuk meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengambilan subjek uji coba menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 56 siswa terdiri dari kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar keterbacaan Web-Modul IPA, lembar observasi sikap kreatif, angket sikap kreatif dan tes uraian pemecahan masalah. Uji coba lapangan utama dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Keefektifan produk dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) web-Modul IPA Berbasis PBL Terintegrasi Potensi Lokal “Limbah Penyamakan Kulit” layak menurut dosen ahli dengan kategori sangat baik; (2) web-Modul IPA Berbasis PBL Terintegrasi Potensi Lokal “Limbah Penyamakan Kulit” praktis menurut praktisi dengan kategori sangat baik; dan (3) web-Modul IPA Berbasis PBL Terintegrasi Potensi Lokal “Limbah Penyamakan Kulit” efektif dalam meningkatkan sikap kreatif dan pemecahan masalah siswa dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, kemampuan pemecahan masalah, sikap kreatif, potensi lokal, Web-Modul IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:42
Last Modified: 09 Feb 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72216

Actions (login required)

View Item View Item