Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Erupsi Gunung Berapi untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill, Collaboration Skill, dan Sikap Siaga Bencana Peserta Didik.

Pamungkasih, Wulan and Atun, Sri (2020) Pengembangan Alat Peraga KIT IPA Erupsi Gunung Berapi untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill, Collaboration Skill, dan Sikap Siaga Bencana Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-wulan pamungkasih-18708251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi yang memiliki karakteristik sebagai media jenis alat peraga dalam pembelajaran IPA (2) mengetahui kelayakan alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi yang dapat meningkatkan critical thinkhing skill, collaboration skill, dan sikap siaga bencana, dan (3) mengetahui keefektifan alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi untuk meningkatkan critical thinkhing skill, collaboration skill, dan sikap siaga bencana. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan 4D model yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) dessiminate. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk awal berupa uji keterbacaan alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi yang dilakukan kepada 12 peserta didik di SMP Negeri 3 Ngaglik. Sampel uji coba lapangan adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Ngaglik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, soal tes uraian critical thinking skill, lembar observasi collaboration skill, dan lembar angket sikap siaga bencana. Hasil analisis statistik menggunakan manova untuk melihat perbedaan peningkatan critical thinkhing skill, collaboration skill, dan sikap siaga bencana peserta didik yang menggunakan alat peraga KIT IPA Erupsi Gunung Berapi dengan peserta didik yang tidak menggunakan alat peraga KIT IPA Erupsi Gunung Berapi. Hasil penelitian adalah (1) dihasilkan alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi dengan karakteristik mudah dibawa dengan ukuran 20 cm x 40 cm x 20 cm, memiliki buku panduan penggunaan KIT IPA erupsi gunung berapi untuk SMP/MTs, komponen KIT IPA erupsi gunung berapi terdiri dari miniatur gunung berapi, bahan simulasi magma, dan peralatan kimia, (2) alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi memiliki kelayakan untuk diujicobakan dalam pembelajaran IPA, dan (3) alat peraga KIT IPA erupsi gunung berapi efektif untuk meningkatkan critical thinkhing skill, collaboration skill, dan sikap siaga bencana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: alat peraga KIT IPA Erupsi Gunung Berapi, critical thinkhing skill, collaboration skill, sikap siaga bencana peserta didik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:01
Last Modified: 09 Feb 2022 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72215

Actions (login required)

View Item View Item