Pengembangan E-book Multimedia Interaktif Berbasis Flip builder Tema IPA pada Proses Pembuatan Gamelan untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Peserta Didik SMP.

Herianto, Herianto and Wiludjeng, Insih (2020) Pengembangan E-book Multimedia Interaktif Berbasis Flip builder Tema IPA pada Proses Pembuatan Gamelan untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-herianto-18708251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-book multimedia interaktif berbasis flip builder tema IPA pada proses pembuatan gamelan yang layak digunakan, serta (2) mengetahui keefektifan e-book multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Rancangan uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design. Subjek uji coba lapangan dipilih menggunakan teknik cluster-random sampling sehingga didapatkan dua kelompok subjek uji coba di kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik pada kelas eksperimen terdiri atas 32 peserta didik dan pada kelas kontrol terdiri atas 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar telaah e-book multimedia interaktif, lembar kepraktisan produk, angket keterbacaan e-book multimedia interaktif, angket curiosity peserta didik, dan lembar observasi curiosity peserta didik, yang telah tervalidasi. Kelayakan e-book multimedia interaktif dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi, sedangkan keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-book multimedia interaktif yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dengan kategori “sangat baik” dan (2) e-book multimedia interaktif tersebut efektif meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: curiosity, e-book multimedia interaktif, flip builder, gamelan, keterampilan generik sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:40
Last Modified: 09 Feb 2022 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72214

Actions (login required)

View Item View Item