Pengembangan Media Virtual Laboratory IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan.

Lestari, Diah Puji and Supahar, Supahar (2020) Pengembangan Media Virtual Laboratory IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-diah puji lestari-18708251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk virtual laboratory yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA. (2) mengetahui keefektifan penggunaan virtual laboratory IPA dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik. (3) mendeskripsikan profil kemampuan peserta didik dari hasil pengembangan virtual laboratory IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah 250 peserta didik kelas VIII dari beberapa SMP tahun ajaran 2019/2020 untuk uji coba instrumen, 9 peserta didik kelasVIII SMP tahun ajaran 2019/2020 untuk uji coba terbatas, dan 102 peserta didik kelas VII SMP tahun ajaran 2019/2020 untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes untuk kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik, angket kelayakan produk, angket telaah instrumen tes dan angket respons keterbacaan peserta didik yang telah tervalidasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrumen soal dengan Aiken’s V dan analisis butir pada partial credit model (PCM) menurut teori respons butir (IRT). Teknik analisis uji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik menggunakan general linear model (GLM) dalam taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk virtual laboratory IPA yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dengan kategori sangat baik. (2) produk virtual laboratory IPA efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan penggunaan demonstrasi. Namun, penggunaan virtual laboratory IPA dikombinasi dengan demonstrasi lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kritis jika dibandingkan dengan penggunaan virtual laboratory IPA saja dan demonstrasi saja. (3) profil kemampuan peserta didik tertinggi yaitu pada kelas yang menggunakan virtual laboratory IPA dikombinasi dengan demonstrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media, virtual laboratory, literasi sains, berpikir kritis, energi dalam sistem kehidupan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:22
Last Modified: 09 Feb 2022 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72213

Actions (login required)

View Item View Item