Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Website Untuk Siswa SMP Kelas VII

Anggriani, Fatimah Ayu (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Website Untuk Siswa SMP Kelas VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fatimah ayu anggriani_18601244041.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran berbasis website yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pencak silat oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII dan guru dalam membantu proses kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode yaitu dengan metode Research and Development. Pengembangan multimedia berbasis website ini melalui beberapa tahapan yang dikembangkan Borg dan Gall yaitu dengan; tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Produk awal divalidasi dan dievaluasi oleh ahli materi kemudian ahli media. Setelah produk dievaluasi oleh ahli, kemudian dilakukan uji coba produk kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Godean melalui tahapan uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil dan uji keefektifan produk. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran pencak silat berbasis website untuk siswa SMP kelas VII. Kualitas produk media; dari hasil validasi oleh ahli media dalam kriteria “sangat baik” dan validasi oleh ahli materi dalam kriteria “sangat baik”. Penilaian dari peserta didik dalam uji coba satu lawan satu dalam kriteria “sangat baik”, dan uji coba kelompok kecil dalam kriteria “sangat baik. Hasil dari uji keefektifan produk masuk dalam kriteria “tinggi”. Dengan demikian, dapat disimpulkan secara keseluruhan berdasar skor rata-rata penilaian oleh ahli materi, ahli media, uji coba terhadap siswa dan uji keefektifan produk bahwa multimedia pembelajaran berbasis website yang sedang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: website, multimedia pembelajaran, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2022 10:12
Last Modified: 08 Feb 2022 10:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72208

Actions (login required)

View Item View Item