Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema “ Pempek, Asli Wong Kito Galo” untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik

Sobiatin, Eka and Aznam, Nurfina (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed Tema “ Pempek, Asli Wong Kito Galo” untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-eka sobiatin-18708251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu model webbed tema “ pempek, asli wong kito galo” yang layak untuk meningkatkan higher order thinking skill dan sikap kewirausahaan peserta didik; 2) mengetahui efektifitas penggunaan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Webbed pada tema pempek asli wong kito galo materi sistem pencernaan manusia terhadap higher order thinking skill dan sikap kewirausahaan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian research and developmen (R & D) model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek uji coba terdiri dari dua kelas eksperimen dengan jumlah 45 peserta didik dan dua kelas kontrol dengan jumlah 49 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Martapura, Sumatera Selatan. Produk yang telah dikembangkan terdiri dari perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, handout, sedangkan instrument yang dikembangkan adalah instrumen penilaian HOTS, angket sikap kewirausahaan, angket uji keterbacaan LKPD, angket respon guru terhadap kepraktisan angket respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran serta lembar validasi/kelayakan produk. Instrumen evaluasi yang dikembangkan adalah instrumen soal tes higher order thinking skill berupa soal pilihan ganda dan angket sikap kewirausahaan. Teknik analisis butir pada uji empiris soal menggunakan analisis item response theory model Rasch menggunakan program Ministeps 4.8.8 version. Hasil uji coba lapangan dianalisis dengan statistik inferensial dan statistik deskriptif. Statistik inferensial dilakukan dengan menggunakan uji MANOV A satu jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) perangkat pembelajaran IPA terpadu model Webbed tema “ pempek, asli wong kito galo” dinyatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan higher order thinking skills dan sikap kewirausahaan peserta didik; 2) penggunaan perangkat pembelajaran IPA terpadu model Webbed tema “ pempek, asli wong kito galo” efektif dalam meningkatkan higher order thinking skills dan sikap kewirausahaan peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS, Pempek, Perangkat Pembelajaran, Sikap Kewirausahaan, Webbed
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:53
Last Modified: 08 Feb 2022 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72207

Actions (login required)

View Item View Item