Peran Budaya Sekolah Dalam Membentuk Sikap Toleransi Di SMA Negeri 1 Pekalongan.

Sulistiyo, Alfian and Wulandari, Taat (2020) Peran Budaya Sekolah Dalam Membentuk Sikap Toleransi Di SMA Negeri 1 Pekalongan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-alfian sulistiyo-17705251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan peran budaya sekolah dalam membentuk sikap toleransi di SMA Negeri 1 Pekalongan, dan (2) untuk mendeskripsikan dampak dari pembentukan sikap toleransi di SMA Negeri 1 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Pekalongan. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui tiga teknik, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles and Huberman dengan langkah: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) peran budaya sekolah dalam membentuk sikap toleransi di SMA Negeri 1 Pekalongan dilaksanakan melalui 6 langkah utama yaitu melalui a) kegiatan rutin; b) ritual upacara; c) proses pembelajaran; d) interaksi di sekolah; e) kepemimpinan dan f) kegiatan ekstrakurikuler. Pada akhirnya ketercapaian perilaku toleransi ditunjukan pada interaksi yang positif antara peserta didik dengan semua warga sekolah. Dari sinilah sekolah membuat standar keunggulan dan mendefinisikan kesuksesan yang diperoleh sekolah dalam mengembangkan perilaku toleran. 2) Dampak pembentukan sikap di SMA Negeri 1 Pekalongan dapat dilihat dari a) rasa menerima, yang ditunjukan dengan peserta didik yang tidak mengelompok berdasarkan latar belakang tertentu tetapi bisa bergaul dengan teman yang berbeda agama, berbeda etnis dan kondisi sosial ekonomi yang membuat mereka bisa bekerja sama baik di dalam kelas dan di luar kelas maupun dalam acara sekolah lainnya, b) bekerja sama, ditunjukan dengan peserta didik tidak saling mengejek, mencela, membenci dan berlaku semaunya terhadap pemeluk agama lain, bahkan saling membantu dalam acara keagamaan di sekolah; dan c) saling menghormati, ditunjukan dengan pembelajaran di kelas saat diskusi peserta didik mau menghargai dan menghormati pendapat temannya dan saat di luar kelas ketika bergaul mereka tidak mengkotak-kotakan berdasarkan perbedaan latar belakang yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Sikap, Nilai Toleransi, Budaya Sekolah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:07
Last Modified: 08 Feb 2022 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72201

Actions (login required)

View Item View Item