Implementasi Full Day School dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Sadriani, Andi and Zamroni, Zamroni (2020) Implementasi Full Day School dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-andi sadriani-17705251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan sistem full day school di SMA Negeri 1 Yogyakarta, (2) dampak dari pelaksanaan full day school terhadap penguatan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan (3) faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan full day school dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Yogyakarta Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1) Pelaksanaan full day school dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Yogyakarta diterapkan dengan berbagai macam pembiasaan dan pembudayaan, yang dilakukan melalui (a) visi dan misi sekolah, (b) pembinaan keagamaan dan (c) kegiatan ektrakurikuler. (2) Dampak dari pelaksanaan full day school tersebut terlihat dari (a) terbentuknya karakter dalam diri siswa, (b) keberhasilan prestasi siswa, (c) hubungan komunikatif siswa dengan guru dan orang tua semakin terlihat, dan (d) meningkatnya kualitas ibadah. (3) Faktor pendukungnya adalah pembiasaan-pembiasaan yang menunjang karakter siswa, dan sekolah merupakan sekolah yang sangat menunjang dari segi nilai agama seperti yang tertera pada visi dan misi sekolah. Faktor penghambatnya adalah perbedaan karakter guru yang satu dengan guru yang lain, latar belakang siswa yang berbeda-beda, dan faktor orang tua yang belum melaksanakan pembiasaan di rumah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: full day school, karakter
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:04
Last Modified: 08 Feb 2022 05:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72199

Actions (login required)

View Item View Item