Pembentukan Sikap Toleransi melalui Kegiatan Live in Tolerance di SMA Kolese De Britto Yogyakarta.

Sukri, Masita and Wulandari, Taat (2020) Pembentukan Sikap Toleransi melalui Kegiatan Live in Tolerance di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-masita sukri-17705251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan latar belakang pentingnya sikap toleransi, (2) medeskripsikan pembentukan sikap toleransi melalui kegitan live in tolerance, (3) mendeskripsikan proses kegiatan live in tolerance yang dilaksanakan oleh SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik, teknik pengambilan sampel data secara purposive sampling, lokasi penelitian SMA Kolese De Britto Yogayakarta. Sumber data yang digunakan sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan sistem kategori pengkodean, penyortiran data, perumusan kesimpulan dengan cara mensintesiskan semua data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan live in tolerance yang membentuk sikap toleransi peserta didik, terjadi dari proses interaksi dengan penduduk setempat, melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan harian dan sosial yang bersinggungan dengan penduduk desa, seperti gotong royong, ikut menyiapkan perlengkapan ibadah agama penduduk yang akan sembahyang, dalam interaksi tersebut peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang membentuk sikap toleransi serta memberikan pandangan-pandangan yang lebih toleran terhadap kelompok lain, hal ini dapat dilihat dari pemahaman yang dibangun dan pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta didik, ada perbedaan sikap dan pandangan setelah mengikuti kegiatan live in tolerance ini. Perbedaan tersebut yaitu mengakui keragaman dan mau mengenal lebih dalam keragaman tersebut. Kegiatan ini membuat peserta didik dapat mengeksplorasi daerah tempat mereka live in tolerance sehingga melatih mereka belajar banyak untuk memenuhi rasa ingin tahunya serta peserta didik dapat merasakan langsung bahwa ada keragaman yang kompleks di luar lingungan sekolah. Pembentukan sikap toleransi ini sangat penting, untuk merespon keragaman yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat. kegiatan live in tolernace sebaiknya ada tindak lanjut setelah kegiatan ini, dalam artian komunikasi dengan komunitas yang pernah bekerjasama dalam kegiatan live in tolerance, sebaiknya membuat schedule selama program live in tolerance agar kegiatan peserta didik lebih terarah, karena ada beberapa yang tidak tahu harus melakuan apa selama mengikuti kegiatan ini, kecuali jika bertepatan dengan kegiatan ibadah agama, dan warga berinisiatif melibatkan peserta didik dalam mempersiapkan kegiatan ibadah tersebut sehingga peserta didik bisa melihat langsung serta merasakan pengalaman menyaksikan kehidupan keberagamaan warga setempat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembentukan sikap, toleransi, aktivitas live in tolerance
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:23
Last Modified: 08 Feb 2022 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72198

Actions (login required)

View Item View Item