Pembentukan Karakter Siswa di SMA Internasional Budi Mulia Dua.

Oktariyan M., Adimas and Wardana, Amika (2020) Pembentukan Karakter Siswa di SMA Internasional Budi Mulia Dua. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-adimas oktariyan murestiyanto-17705251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menurunya kualitas nilai-nilai moral pada generasi muda menuntut diadakanya sebuah konsep pendidikan yang fokus pada persoalan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) urgensi pembentukan karakter siswa di SMA Internasional Budi Mulia Dua, (2) pembentukan karakter siswa di SMA Internasional Budi Mulia Dua (3) faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter siswa di SMA Internasional Budi Mulia Dua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Internasional Budi Mulia Dua. Subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan konsep trianggulasi Milles & Huberman. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) urgensi pembentukan karakter di SMA Internasional Budi Mulia Dua dilatar belakangi dari tujuan penyelenggaraan pendidikan yang tidak hanya fokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga fokus pada moral dan spiritual siswa, serta sebagai bentuk langkah antisipatif memperkokoh fondasi siswa agar tidak mudah terpengaruh dengan derasnya arus globalisasi dan digitalisasi. (2) Pembentukan karakter siswa di SMA Internasional Budi Mulia dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam tata tertib sekolah, kegiatan belajar mengajar dan beberapa program sekolah diantaranya magang sosial, observasi bisnis, diskusi kelas, kegiatan field trip, kegiatan minat bakat, Pembentukan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun serta kegiatan rutinan diantaranya bersalaman, tadarus, sholat dhuha, dan sholat dzuhur berjamaah. (3) Faktor yang mendukung pembentukan karakter siswa siswa di SMA Internasional Budi Mulia dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kesadaran siswa itu sendiri dalam melaksanakan atau menerapkan karakter pada dirinya. Faktor eksternal diantaranya adalah visi dan misi sekolah, kekuatan dari guru, kegiatan yang sudah terprogram, fasilitas sekolah yang memadai, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Adapun faktor penghambat pembentukan karakter siswa siswa di SMA Internasional Budi Mulia, juga meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah keadaan siswa itu sendiri, serta keberagaman karakter siswa sehingga sulit untuk diatur. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah antara lain lingkungan bergaul, perbedaan budaya sekolah, kurangnya kontrol dari guru dan orang tua, serta pengaruh media sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Karakter, Siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:16
Last Modified: 08 Feb 2022 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72197

Actions (login required)

View Item View Item