Analisis Muatan Nilai-Nilai Demokrasi dalam Buku Teks IPS SMP Kelas VII.

Ma'ruf, Hamka Mujahid and Supardi, Supardi (2020) Analisis Muatan Nilai-Nilai Demokrasi dalam Buku Teks IPS SMP Kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hamka mujahid maruf-18705251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai atau potensi nilai-nilai demokrasi yang terkandung di dalam buku teks IPS kelas VII terbitan Kemdikbud edisi revisi tahun 2017 dan (2) mendeskripsikan persebaran nilai-nilai atau potensi nilai-nilai demokrasi di dalam buku teks IPS kelas VII terbitan Kemdikbud edisi revisi tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk analisis isi dari Krippendorff. Menurutnya, jenis penelitian ini memiliki tiga karakteristik, yakni pembacaan yang cermat, melibatkan interpretasi, dan analis bekerja dalam ruang lingkup hermeneutik di mana pemahamannya atas kondisi sosial dan budaya mempengaruhi penelitiannya. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran IPS kelas VII terbitan Kemdikbud edisi revisi tahun 2017. Instrumen utama penelitian adalah diri peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca objek penelitian secara berulang-ulang lalu dilakukan pencatatan secara cermat. Setelah datanya didapatkan, kemudian peneliti melakukan pengelompokkan, pengodean, reduksi, interpretasi serta menarik simpulan atas data guna menjawab pertanyaan- pertanyaan penelitian. Secara keseluruhan, dari 3.162 data, peneliti menemukan 1.302 kalimat (dan gambar) yang mengandung nilai atau potensi nilai demokrasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa di dalam buku teks yang diteliti terdapat enam kelompok nilai-nilai demokrasi, yaitu pemerataan pembangunan, karakter masyarakat demokratis, menghargai keanekaragaman, menjunjung keadilan dan kesetaraan, meningkatkan kesejahteraan, dan ciri-ciri negara demokratis. Persebaran nilai-nilai tersebut berbeda-beda pada setiap babnya. Setiap bab menonjolkan nilai-nilai demokrasi yang beragam tergantung pada materi atau konsep utamanya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku teks, IPS, nilai-nilai demokrasi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:07
Last Modified: 08 Feb 2022 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72196

Actions (login required)

View Item View Item