Pola Penggunaan Modal Sosial untuk Mendukung Penanggulangan Kenakalan Siswa.

Muslimin, Fatkhul and Hanum, Farida (2020) Pola Penggunaan Modal Sosial untuk Mendukung Penanggulangan Kenakalan Siswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fatkhul muslimin-17705251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa dan menganalisis proses penanggulangan kenakalan siswa di SMA Negeri 10 Yogyakarta; (2) pola penggunaan modal sosial untuk mendukung penanggulangan kenakalan siswa di SMA Negeri 10 Yogyakarta Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan. Instrumen penelitian meliputi peneliti, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles & Huberman, yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terdapat di SMA Negeri 10 Yogyakarta antara lain terlambat masuk sekolah atau kelas, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, tidak mengenakan seragam sersuai ketentuan sekolah, gaduh ketika pembelajaran, aksi corat coret fasilitas sekolah. Penanggulangan kenakalan siswa bersifat preventif dilakukan dengan sosialisasi tata tertib sekolah, bahaya kenakalan remaja, keselamatan berkendara, kesehatan reproduksi remaja, inspeksi mendadak, pemasangan kamera/cctv, sepuluh menit untuk lingkungan sekolah, pembentukan tim kominfo, pembentukan satgas anti narkoba, forum komunikasi pengurus osis, pembatasan jam siswa di sekolah. Penanggulangan bersifat refpresif dilakukan secara bertahap yakni dengan teguran lisan, pemberian poin negatif, pemanggilan siswa, dan pemanggilan orang tua siswa. (2) Pola modal sosial untuk mendukung penanggulangan kenakalan siswa antara lain pola penanggulangan preventif dan represif. Modal sosial dalam penanggulangan preventif digunakan untuk meningkatkan kerjasama dengan lembaga eksternal sekolah yang memiliki kompetensi dan kewenangan untuk memberikan penyuluhan terkait dampak kenakalan remaja, mengembangkan komitmen guru dalam menampilkan pribadi yang baik kepada siswa, menjalin kerjasama dengan siswa dalam menjaga suasana pembelajaran agar tetap kondusif, serta memberi pemahaman yang mendalam bagi siswa yang melanggar, mengembangkan kepercayaan diri, sikap tanggung jawab dan melatih kejujuran siswa, menguatkan relasi siswa dengan sekolah-sekolah lain di DIY dengan menyelenggarakan kegiatan sosial. Modal sosial dalam penanggulangan represif digunakan untuk meningkatkan kerjasama warga sekolah untuk saling bertanggung jawab memberi penindakan kepada siswa yang melanggar serta mengembangkan nilai kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa, membangun kerjasama dengan wali murid untuk menyelesaikan permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kenakalan, modal sosial, penanggulangan, siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:52
Last Modified: 08 Feb 2022 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72194

Actions (login required)

View Item View Item