Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Kawin Anom pada Suku Banjar di Desa Paluh Manan, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Sari, Purnama and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2020) Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Kawin Anom pada Suku Banjar di Desa Paluh Manan, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-purnama sari-17705251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Problem Pendidikan Karakter dalam keluarga kawin anom menarik untuk diteliti karena keluarga sebagai tempat individu membentuk karakternya. Pendidikan karakter dalam keluarga dibutuhkan untuk membentuk karakter anak, sudah banyak masalah yang timbul akibat karakter yang kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menemukan nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam keluarga kawin anom; (2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga kawin anom di Desa Paluh Manan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sejumlah 10 orang yang terdiri dari orang tua yang melakukan kawin anom, tokoh masyarakat, dan Kepala Desa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, indepth interview, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa kriteria yang terdiri dari pengumpulan data, data condensation, data display dan data drawing/verification. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member cheking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter dalam keluarga kawin anom yang ditanamkan adalah religius, disiplin, jujur, kerja keras, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, toleransi, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bersahabat/komunikatif. Nilai-nilai yang ditanamkan ke anak dari satu keluarga ke keluarga yang lain juga bervariatif. Ada satu keluarga yang menerapkan nilai-nilai tertentu dan satu keluarga yang lain tidak juga sebaliknya. Penanaman nilai-nilai karakter yang berbeda disesuaikan dengan kondisi keluarga serta harapan yang diinginkan orang tua pada anaknya; (2) Metode jika dikaitkan dengan pendidikan karakter menjadi sebuah jalan untuk menanamkan karakter pada diri seseorang. Keberhasilan Pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orang tua tidak terlepas dari penanaman metode yang digunakan. Dalam keluarga kawin anom metode yang digunakan adalah metode internalisasi dengan memasukkan knowing, melaksanakan pengetahuan doing, dan menjadi kepribadian, metode keteladanan yaitu orangtua menjadi contoh, metode pembiasaan dengan membiasakan anak untuk menerapkan nilai-nilai karakter, metode nasihat ketika anak melakukan kesalahan, dan metode penghargaan dengan memberikan hadiah dan Hukuman apabila melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, keluarga, kawin anom
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:26
Last Modified: 08 Feb 2022 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72193

Actions (login required)

View Item View Item