Pendidikan Mitigasi Bencana berbasis Multikultural di SMA Negeri 1 Cangkringan.

Sipayung, Tenni Oktaviana and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2020) Pendidikan Mitigasi Bencana berbasis Multikultural di SMA Negeri 1 Cangkringan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-tenni oktaviana sipayung-17705251025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pendidikan mitigasi bencana di SMA Negeri 1 Cangkringan, dan (2) pendidikan mitigasi bencana diterapkan berbasis multikultural di SMA Negeri 1 Cangkringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus yang bertujuan untuk dapat memahami dan menafsirkan makna dalam suatu peristiwa atau fenomena interaksi tingkah laku manusia sehingga dapat memberikan gambaran yang sistematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cangkringan dengan sumber data dari wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan pendidikan mitigasi bencana dilakukan, yakni: a) adanya kerjasama sekolah dengan pemerintah dalam mengurangi resiko bencana, b) adanya sosialisasi mitigasi bencana kepada siswa, c) mitigasi bencana diintegrasikan dalam pembelajaran, dan d) kegiatan mitigasi nonstruktural seperti ekstrakurikuler pramuka. (2) pendidikan mitigasi bencana diterapkan berbasis multikultural dikaitkan dengan aspek multikultural seperti a) kerjasama melibatkan seluruh warga sekolah tanpa membeda-bedakan latarbelakang siswa, b) sosialisasi pengetahuan dan pendidikan mitigasi bencana mewujudkan sikap terbuka dalam berpikir dan meningkatkan kepedulian terhadap orang lain, c) mitigasi bencana yang diintegrasikan melalui pembelajaran menumbuhkan sikap saling menghargai pada diri siswa, dan d) esktrakurikuler pramuka sebagai bagian dari mitigasi nonstruktural menumbuhkan sikap belajar hidup dalam perbedaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Mitigasi Bencana, Multikultural
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:54
Last Modified: 08 Feb 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72190

Actions (login required)

View Item View Item