Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong.

Septia, Alifurriza Qurnia and Sugiharsono, Sugiharsono (2020) Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-alifurriza qurnia septia-17705251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMA negeri di Kota Selong, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang ada di tiga sekolah yaitu SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Selong yang berjumlah 308 siswa. Jumlah sampel sebanyak 174 siswa yang diambil dengan teknik proportional area random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong, dibuktikan dengan nilai t sebesar 2,011 dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 (p < 0,05) dan koefisien regresi (b1) sebesar 0,381. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong dibuktikan dengan nilai t sebesar2,842 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 (p < 0,05) dan koefisien regresi (b2) sebesar 0,180. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong dibuktikan dengan nilai t sebesar3,724 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien regresi (b3) sebesar 0,413. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi siswa, dibuktikan dengan nilai F sebesar 10,782 dengan signifikansi F 0,000, dan nilai R square (R2) sebesar 0,160. Perilaku konsumsi siswa dipengaruhi oleh literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua sebesar 16,0% dan sisanya sebesar 84,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumsi, literasi ekonomi, teman sebaya, status sosial ekonomi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:45
Last Modified: 08 Feb 2022 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72189

Actions (login required)

View Item View Item