Membangun Kemandirian Belajar dan Kepedulian Sosial Pada Pembelajaran Sosiologi di Sekolah Inklusif SMA Tumbuh Yogyakarta.

Oktadiana, Rita and Wardana, Amika (2020) Membangun Kemandirian Belajar dan Kepedulian Sosial Pada Pembelajaran Sosiologi di Sekolah Inklusif SMA Tumbuh Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rita oktadiana-17705251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui motif dan tujuan pelaksanaan pendidikan inklusif di SMA Tumbuh Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui pembelajaran sosiologi dapat membangun kemandirian belajar dan kepedulian sosial di SMA Tumbuh Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian SMA Tumbuh Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMA Tumbuh dari sejak awal memang sudah memfokuskan diri untuk membangun sekolah inklusif yang mana sebagai lanjutan dari PAUD ECCDRC. Gagasan tersebut muncul karena pendirinya yang aktif dalam kegiatan plan international yaitu NGO di mana sering membahas masalah-masalah humanisme termasuk pendidikan inklusif. Maka dari itu tanpa penunjukan surat dari pemerintah pun, Tumbuh High School sudah dari sejak awal memilih untuk membangun sekolah dengan tema pendidikan inklusif. (2) Pada pembelajaran sosiologi untuk membangun kemandirian belajar telah tertuang pada RPP, namun pada dalam pelaksanaannya pada indikator memilih dan menerapkan strategi belajar belum sepenuhnya terlaksana. Contohnya pada metode wawancara dan bermain peran belum terlihat pada proses pembelajaran. Untuk pembelajaran sosiologi dalam membangun kepedulian sosial juga telah tertuang pada RPP, namun pada pelaksanaannya juga ada yang belum sesuai. Contohnya pada kepedulian sosial yang ditandai dengan kerjasama, masih terdapat peserta didik yang tidak saling mendiskusikan hasil pengamatan, peserta didik lebih memilih untuk menyerahkan dalam mencari informasi kepada satu orang siswa saja yang dianggap lebih pintar dalam kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inklusif, kemandirian belajar, kepedulian sosial.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:32
Last Modified: 08 Feb 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72187

Actions (login required)

View Item View Item