Keefektifan Model Problem Based Learning dan Problem Solving dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik di SMP Negeri Kota Yogyakarta.

Zantania, Provita Devi and Masruri, Muhsinatun Siasah (2020) Keefektifan Model Problem Based Learning dan Problem Solving dalam Pembelajaran IPS untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik di SMP Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-provita devi zantania-16705251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan model problem based learning dan problem solving dalam pembelajaran IPS untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah; (2) keefektifan model pembelajaran problem based learning dan problem solving dalam pembelajaran IPS ditinjau dari gaya kognitif kategori field dependent dan field independent untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah; dan (3) interaksi pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif peserta didik dalam pembelajaran IPS untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu dengan factoral design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Sampel penelitian dipilih secara acak, terpilih SMP Negeri 2 Yogyakarta dan SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penentuan model pembelajaran juga dilakukan secara acak, SMP Negeri 2 Yogyakarta menggunakan model problem based learning dan SMP Negeri 16 Yogyakarta menggunakan model pembelajaran problem solving. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figures Test (GEFT) dan tes tertulis. Sebelum perlakuan, dilakukan uji keseimbangan menggunakan analisis variansi. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Uji hipotesis menggunakan Analisis Variansi Dua Arah pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penggunaan model problem based learning lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dapat dilihat dari peningkatan skor kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning lebih tinggi; (2) model problem based learning lebih efektif diterapkan pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dapat dilihat dari peningkatan skor kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi. Model problem solving lebih efektif diterapkan pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dapat dlihat dari peningkatan skor kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent lebih tinggi; (3) interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan gaya kognitif terlihat dalam hasil belajar kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, problem solving, gaya kognitif, kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran ips.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:17
Last Modified: 08 Feb 2022 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72185

Actions (login required)

View Item View Item