Nilai-nilai Demokrasi di Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Kasihan, Bantul.

Juanda, Ahmad and Wulandari, Taat (2020) Nilai-nilai Demokrasi di Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Kasihan, Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahmad juanda-16705251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai demokrasi di Sanggar Anak Alam, Nitiprayan, Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah fasilitator, orangtua, dan peserta didik di Sanggar Anak Alam. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Setting penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat, dan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam implementasi nilai-nilai demokrasi di Sanggar Anak Alam. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Sanggar Anak Alam telah mengembangkan nilai-nilai demokrasi diantaranya nilai kebebasan, keadilan, toleransi, partisipasi, dan mampu menyelesaikan pertikaian secara damai. Nilai- nilai demokrasi di Sanggar Anak Alam dapat diketahui melalui aktivitas-aktivitas pembiasaan yang melibatkan peran peserta didik, fasilitator, serta orangtua. Aktivitas pembiasaan di Sanggar Anak Alam yang berkaitan dengan nilai-nilai demokrasi diantaranya sebagai berikut: a) Sanggar Anak Alam melaksanakan kegiatan Pasar Senin Legi yang dilaksanakan pada setiap 35 hari sekali dengan tujuan sebagai sarana pembelajaran agar peserta didik memahami setiap peran dalam relasi antarfungsi di kehidupan sosial-ekonomi, Pasar Senin Legi menjadi media bagi peserta didik untuk memahami toleransi terutama sikap saling menghargai dan menghormati adanya perbedaan di lingkungan sekitarnya; b) membebaskan peserta didik tidak wajib menggunakan sepatu dan seragam, hal ini sebagai salah satu upaya dalam mendekatkan peserta didik mengenai realitas tentang keberagaman seperti perbedaan status ekonomi, sosial, dan budaya; (c) Sanggar Anak Alam berupaya membangun kebebasan peserta didik dalam berpendapat melalui diskusi dalam proses pembelajaran; d) penentuan tema riset pada awal semester yang melibatkan peserta didik, fasilitator, dan orangtua sebagai salah satu cara dari Sanggar Anak Alam dalam mengembangkan nilai partisipasi dan keadilan; e) peserta didik selalu dibiasakan untuk bermusyawarah saat menghadapi konflik antarpeserta didik, hal tersebut merupakan bagian dari pendekatan Sanggar Anak Alam dalam mengembangkan nilai demokrasi terutama mampu menyelesaikan pertikaian secara damai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: demokrasi, nilai-nilai demokrasi, Sanggar Anak Alam
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:10
Last Modified: 08 Feb 2022 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72184

Actions (login required)

View Item View Item