Pengaruh Interaksi Peer Group Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Cyberbullying Remaja.

Marini, Sylvi and Hanum, Farida (2020) Pengaruh Interaksi Peer Group Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Cyberbullying Remaja. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-sylvi marini-17705251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh interaksi antar peer group terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (2) pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (3) pengaruh interaksi peer group dan intensitas penggunaan media sosial terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying remaja di SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 11 Yogyakarta dan SMA Negeri 1 Sentolo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dengan populasi sebanyak 969 peserta didik dan sampel sebanyak 283 peserta didik yang diperoleh melalui sampling acak proporsional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu interaksi peer group (X1) dan intensitas penggunaan media sosial (X2). Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku cyberbullying (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi berganda. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara individu dilakukan dengan uji-T dan secara simultan menggunakan uji-F. Hasil penelitian ini adalah (1) interaksi peer group berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,222 (2) intensitas penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,385(3) interaksi peer group dan intensitas penggunan media sosial berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0.312 atau 31,2 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: interaksi peer group, intensitas media sosial, cyberbullying.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:58
Last Modified: 08 Feb 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72183

Actions (login required)

View Item View Item