Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kecakapan Vokasional (Vocational Skill) (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede, Yogyakarta).

Ulinnuha, Moh. and Sudrajat, Ajat (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kecakapan Vokasional (Vocational Skill) (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede, Yogyakarta). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-moh. ulinnuha-17705251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kecakapan vokasional yang diselenggarakan di PP. Nurul Ummah meliputi 1) persiapan pesantren; 2) pelaksanaan dan nilai karakter dalam prosesnya; 3) kendala yang dihadapi pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan informan ketua umum, tim P2MBS (Pendidikan dan Pengembangan Minat Bakat Santri), pembimbing kecakapan vokasional, dan santri. Penelitian ini dilakukan mulai bulan maret tahun 2019 sampai dengan selesai. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah yang meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) persiapan pesantren yakni: a) pesantren telah melakukan rapat pada tahun pelajaran baru untuk membahas kegiatan kecakapan vokasional beserta apa saja kecakapan yang akan diterapkan di pesantren; b) pesantren menentukan pembimbing kecakapan vokasional dengan cara merekrut ustaz atau santri yang mempunyai kecakapan khusus untuk ditularkan pengalaman dan ilmunya kepada santri-santri yang lain; c) pesantren telah menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan kecakapan vokasional dengan harapan akan berjalan lancar dengan adanya sarana dan prasarana tersebut. 2) Pelaksanaan kegiatan kecakapan dilakukan berdasarkan jadwal masing-masing dengan waktu sebanyak tiga jam dalam seminggu dengan program yang diikuti adalah desain grafis, kaligrafi, dan mencukur. Praktik kecakapan dilaksanakan berdasarkan masing- masing program secara individu maupun kelompok. Evaluasi untuk masing- masing program dilakukan dengan penilaian pengamatan dan praktik. Adapun nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan kecakapan vokasional yaitu, a) kecakapan desain grafis mengandung nilai karakter religius, toleransi, displin, tanggung jawab, mandiri, dan kreatif, b) kecakapan kaligrafi mengandung nilai karakter religius, toleransi, rasa ingin tahu, kreatif, dan disiplin, c) kecakapan mencukur (barbershop) mengandung nilai karakter kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, dan mandiri. 3) Kendala yang dihadapi yaitu kurang lengkapnya peralatan kecakapan vokasional. Hal ini dikarenakan masih minimnya dana pondok untuk membelikan berbagai perlengkapan alat-alat kecakapan. Di samping keterbatasan tersebut, pesantren juga belum bisa menjalin hubungan kerja sama dengan pihak dunia usaha. Pesantren masih memfokuskan jalannya kegiatan kecakapan supaya bisa tetap istiqamah hingga pergantian kepengurusan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kecakapan Vokasional, Nilai Karakter.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:51
Last Modified: 08 Feb 2022 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72182

Actions (login required)

View Item View Item