Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Picture and Pictures Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA-IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta.

Sari, Erny Yunita and Sukardiyono, Sukardiyono (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaraan Kooperatif Picture and Pictures Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA-IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-erny yunita sari-15727251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas metode pembelajaran kooperatif picture and pictures berbasis inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA IPS SMA Stella Duce 2 Yogyakarta pada materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA-IPS SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan metodel pembelajaran kooperatif tipe picture and pictures berbasis inkuiri. Indikatornya meliputi guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan gambar, keaktifan peserta didik dalam berdiskusi dan partisipasi dalam menyusun gambar memecahkan masalah kelompok, dan menemukan jawaban atau penyelesaian soal. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA-IPS dalam materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Indikator dalam penelitian ini adalah rata-rata motivasi, hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Data penelitian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil t-test, hitung t = 3,81 dan tabel t = 1,67 dengan taraf nyata 5%. Karena hitung t > tabel t maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “Metode pembelajaran kooperatif picture and pictures berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia di kelas XI MIPA-IPS SMA Stella Duce 2 Yogyakarta” diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, inkuiri, kooperatif, metode pembelajaran, picture and pictures.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:20
Last Modified: 07 Feb 2022 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72172

Actions (login required)

View Item View Item