Muntazhim, M.Ammar (2022) EFEK REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FIP UNY YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Skripsi Fulltext_M.Ammar Muntazhim_17112141037.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penundaan penyelesaian tugas akhir skripsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji efek regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa FIP UNY yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Subjek dari penelitian ini berjumlah 264 mahasiswa FIP UNY Angkatan 2017. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner online yang disebar melalui media sosial. Validitas skala penelitian menggunakan validitas isi yang dilakukan dengan bantuan expert judgement. Reliabilitas skala penelitian ini berupa reliabilitas cronbach’s alpha dengan reliabilitas skala regulasi diri 0,89 dan skala prokrastinasi akademik 0,95 yang berarti reliabilitas baik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efek negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa FIP UNY yang sedang menyusun skripsi. Mahasiswa FIP UNY yang memiliki regulasi diri yang tinggi cenderung melakukan prokrastinasi akademik rendah ketika menyusun skripsi, begitu juga sebaliknya. Kata kunci: Regulasi diri, prokrastinasi akademik, dan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:07 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 07:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72168 |
Actions (login required)
View Item |