Penilaian Kinerja Guru Ekonomi Bersertifikat pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Tengah.

Suhaili, Muhammad and Sugiharsono, Sugiharsono (2020) Penilaian Kinerja Guru Ekonomi Bersertifikat pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Tengah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad suhaili-18719251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kinerja guru ekonomi bersertifikat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional menurut penilaian diri, penilaian kepala sekolah/madrasah, penilaian kolega dan penilaian siswa. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Goal Attainment Model/Goal-Oriented Evaluation Model. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi bersertifkat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah, yang berjumlah 63 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi pedagogik guru ekonomi bersertifikat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah dalam kategori amat baik dengan persentase 92,21%. (2) Kompetensi kepribadian mereka termasuk dalam kategori amat baik dengan persentase 95,93%. (3) Kompetensi sosial mereka termasuk dalam kategori amat baik dengan persentase 93,35%. (4) Kompetensi profesional mereka termasuk dalam kategori baik dengan persentase 84,74%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, kompetensi, pedagogik, profesional, sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:23
Last Modified: 07 Feb 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72162

Actions (login required)

View Item View Item