Pengembangan Bahan Ajar Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA).

Mispandi, Mispandi and Mulyani, Endang (2020) Pengembangan Bahan Ajar Prakarya Dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mispandi-18719251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berbasis kearifan lokal, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berbasis kearifan lokal menurut ahli materi dan desain, 3) mengetahui kelayakan bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) yang di kembangkan menurut guru dan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah 50 siswa SMAN 1 Sambelia yang terbagi dalam kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar prakarya dan kewirausahaan berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). 2) Bahan ajar yang telah dikembangkan ini memiliki kelayakan dengan kategori “sangat layak”. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keseluruhan dari semua aspek sebesar (87,67). Persentase keseluruhan tersebut dengan rincian, aspek isi materi berkategori “sangat layak” dengan persentase (91,30), aspek penyajian berkategori “layak” dengan persentase (84,22), dan aspek bahasa berkategori “sangat layak” dengan persentase (87,49). Sementara itu, untuk desain bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelayakan dengan kategori “sangat layak”. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keseluruhan dari semua aspek sebesar (91,66). Persentase keseluruhan tersebut dengan rincian, aspek kegrafikan berkategori “sangat layak” dengan persentase (87,08), aspek penyajian berkategori “sangat layak” dengan persentase (96,24). 3) Berdasarkan penilaian guru, kelayakan produk bahan ajar yang telah dikembangkan berada pada kategori “sangat layak“, dengan persentase 93,03. Sementara itu berdasarkan penilaian siswa, kelayakan produk bahan ajar yang telah dikembangkan berada pada kategori “sangat layak”, dengan persentase 87,18.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Prakarya dan Kewirausahaan, Kearifan Lokal
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:55
Last Modified: 07 Feb 2022 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72151

Actions (login required)

View Item View Item