Pengaruh Kompetensi Guru, Kultur Sekolah, dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Berprestasi Siswa IPS SMA Negeri Kota Yogyakarta.

Wasilaputri, Febryana Rizqi and Sukidjo, Sukidjo (2020) Pengaruh Kompetensi Guru, Kultur Sekolah, dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Berprestasi Siswa IPS SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-febryana rizqi wasilaputri-17719251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, kultur sekolah, dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi berprestasi siswa IPS SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS di 11 sekolah SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Sampel sekolah sejumlah 4 sekolah diambil dengan teknik stratified random sampling. Sampel siswa sebanyak 131 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang telah diuji validitas dengan dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.005); (2) Kultur sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.003); (3) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.000); (4) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.047); (5) Kultur sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.033); (6) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.029); (7) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.003); (8) Kompetensi guru berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (t hitung=2.009); (8) Kultur sekolah berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (thitung=2.0761); (10) Self-regulated learning berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (t hitung=2.244).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, kultur sekolah, self-regulated learning, motivasi berprestasi, prestasi belajar, ekonomi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:29
Last Modified: 07 Feb 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72149

Actions (login required)

View Item View Item