Pengaruh Literasi Keuangan dan Kepribadian terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Liesfi, Nur Fitrah Ramadhani and Suranto, Suranto (2020) Pengaruh Literasi Keuangan dan Kepribadian terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nur fitrah ramadhani liesfi-17719251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh literasi keuangan dan kepribadian secara parsial dan simultan terhadap pengelolaan keuangan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dan asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 1.068 dengan jumlah sampel sebanyak 258 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang validitasnya diukur menggunakan Confirmatory Factor Analysis dan reliabilitas kuesioner diuji menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Literasi keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pada mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Kepribadian berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pada mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. (3) Literasi keuangan dan kepribadian secara simultan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan pada mahasiswa sebesar 0,349 atau 34,9% dan sisanya sebesar 65,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar fokus penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Kepribadian, Pengelolaan Keuangan
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:34
Last Modified: 07 Feb 2022 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72148

Actions (login required)

View Item View Item